Welcome to San's Zone Blog....Lets share together ^^

Senin, 27 Februari 2012

Menciptakan Perpustakaan Pribadi

Kini, perpustakaan pribadi di rumah tak lagi milik para ilmuwan yang gemar mengoleksi buku serta jurnal mereka saja. Pada era entrepreneurship seperti sekarang ini, perpustakaan pribadi juga layak menghiasi rumah entrepreneur. Tak hanya berfungsi sebagai ruang menyimpan sejumlah buku, perpustakaan pribadi juga dapat berfungsi sebagai ruang kerja yang nyaman serta tempat relaxing untuk menghilangkan penat. Lalu bagaimana menciptakan perpustakaan pribadi seperti itu di rumah? 

Berikut adalah tipsnya :


1. Lokasi: tergantung layout serta luas rumah Anda. Pilih area yang tak sering dilalui orang. Sebuah ruang yang ideal dengan akses pintu menuju kamar tidur Anda atau ke taman yang sejuk.
Jumlah buku: konsep perpustakaan pribadi masing-masing orang bisa berbeda. Sebagian ingin perpustakaan yang bisa menyimpan semua buku-buku mereka, sementara sebagian ingin perpustakaan yang terlihat tenang dan damai. Sebelum membangun perpustakaan pribadi, hitung dahulu total keseluruhan buku yang Anda miliki lalu tentukan konsepnya. Apakah rak besar yang menjunjung tinggi hingga ke langi-langit diperlukan atau tidak. Jika ruang Anda terbatas, lebih baik pakai rak buku yang menempel di dinding dengan sentuhan modern.

2. Warna: desain interior kuno akan memakai sentuhan warna gelap seperti misalnya cokelat tua, burgundy atau hijau army. Sementara desain modern lebih cenderung memakai warna-warna terang yang cerah. Untuk menentukan warna yang tepat bagi perpustakaan pribadi Anda, pilihlah yang sesuai dengan kepribadian Anda atau keluarga.

3 . Furnitur: ciri khas perpustakaan adalah tempat duduk yang nyaman untuk membaca. Dalam menentukan tempat duduk di perpustakaan Anda, perhatikan pula luas ruang yang tersedia sehingga turut pula menentukan jumlah dan jenis kursi serta furnitur lain seperti lampu, meja, sofa dan sebagainya. Jika perpustakaan itu ditujukan untuk sebagian orang, lebih baik jumlah kursinya tak terlalu banyak.

4 . Rak buku: pastikan rak buku Anda memiliki tingkat keamanan tinggi. Jika memakai rak gantung yang menempel di dinding, pastikan rak itu terpasang dengan baik untuk menghindari kerusakan akibat tak mampu menahan bobot buku Anda yang begitu banyak. Anda bisa menyewa tenaga konsultan untuk membuatnya.
Ruang kerja: jika ingin menyatukan perpustakaan dengan ruang kerja, rinci lagi perlengkapan yang diperlukan berdasarkan fungsinya untuk menata ruang perpustakaan tersebut. Di mana sebaiknya meletakkan meja kerja dengan komputer, printer, mesin faks, telepon dan lainnya. Apakah ruangannya cukup? Dan dengan begitu banyak perangkat kerja, apakah Anda bisa menemukan kenyamanan dalam membaca? Pikirkan kembali sebelum memutuskan.

5 . Pencahayaan: sepanjang berkenaan dengan indera penglihatan, cahaya sangat penting di dalam perpustakaan. Pada siang hari, dengan jendela yang memadai, cahaya yang diperlukan dalam perpustakaan itu mungkin akan mencukupi. Pada malam hari, lampu duduk, lampu pajang atau lampu di langit-langit bisa membantu membentuk pencahayaan yang memadai.

6 . Lantai: sama pentingnya dengan kondisi tembok rumah, lantai juga memegang peran penting ketika merancang perpustakaan. Jika dinding rumah berkaitan dengan rak, lantai berhubungan dengan bobot lemari buku serta kursi dan meja. Jika rumah Anda berlantai dua dan belum yakin di mana menentukan lokasi perpustakaan, apakah di lantai dasar atau lantai dua, konsultasikan dengan konsultan yang ahli di bidangnya.

7 . Vertikal: bila ruang yang tersedia sempit, atasi dengan penataan buku secara vertikal. Maksudnya adalah memakai rak atau lemari buku yang menjulang tinggi untuk menyimpan buku.

8 . Pemandangan: walau dirancang untuk menciptakan kesan tenang dan damai, perpustakaan tak sebaiknya berada di sudut terpencil. Membaca dengan ditemani panorama yang indah akan lebih menyenangkan dan membuat pikiran segar kembali. Pemandangan taman dengan bunga dan daun hijau nan indah selain menyokong cahaya alami dari sinar matahari di waktu siang juga memberi efek kenyamanan serta ketentraman yang natural pula.

sumber : ciputraentrepreneurship.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar